Cara Mempercepat Haid dengan Cara yang Aman

Tak jarang wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Sehingga ketika seorang wanita memiliki jadwal atau rencana tertentu yang tidak ingin dirusak oleh hadirnya ‘tamu bulanan’, biasanya akan mencoba cara mempercepat haid.

cara mempercepat haid

Namun, cara mempercepat haid ini bukan berarti langsung menstruasi dalam waktu sehari atau dua hari ya. Tetapi cara ini bisa dicoba ketika sudah mendekati datangnya haid sehingga masa menstruasi bisa lebih dipercepat. Lalu apa saja yang bisa dilakukan sebagai upaya mempercepat datang bulan yang aman?

Cara Mempercepat Haid yang Aman

Ada beberapa cara mempercepat haid yang bisa Anda coba dan dijamin aman.

  1. Berhubungan Seks

Tahukah Anda ternyata berhubungan seks bisa mempercepat menstruasi, baik dengan penetrasi atau tidak. Sebab, ketika orgasme, serviks membesar dan terbentuk ruang hampa. Ruang hampa inilah yang dapat menarik darah menstruasi ke bawah dan memicu luruhnya darah menstruasi.

Selain itu, rutin berhubungan seks juga dapat mengurangi stres dan membantu meningkatkan keseimbangan hormon tubuh. Ini juga bermanfaat untuk mendorong terjadinya menstruasi.

  1. Mengkonsumsi Vitamin C

Meski belum ada bukti ilmiah terkait hal ini, namun vitamin C diyakini bisa menjadi salah satu cara mempercepat haid.

Sebab, vitamin C dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan progesteron yang bisa menyebabkan kontraksi rahim. Ketika rahim rusak, maka akan terjadi menstruasi.

Cara mempercepat haid ini bisa dengan mengkonsumsi vitamin C atau makan makanan yang mengandung vitamin C seperti brokoli, jeruk, berry, bayam, paprika, dan sebagainya. Tapi jangan sampai mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh.

  1. Berolahraga

Olahraga ringan bisa membuat otot lemas dan haid datang lebih cepat. Rutin berolahraga juga bisa mengembalikan hormon yang dibutuhkan tubuh untuk membantu terjadinya menstruasi dengan siklus yang teratur.

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, termasuk olahraga. Olahraga berat dan berlebihan bisa membuat siklus haid jadi terhambat akibat menurunnya kadar estrogen dalam tubuh.

  1. Mengkonsumsi Pil KB

Cara mempercepat haid berikutnya adalah dengan mengkonsumsi pil KB. Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang dapat mengendalikan menstruasi Anda.

Jadi, minumlah pil KB selama 21 hari lalu berhenti. Atau bisa dengan minum pil plasebo selama 7 hari. Dalam periode 7 hari tersebutlah biasanya haid terjadi. 

Tapi ingat ya, mengkonsumsi pil KB ini sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter agar tidak menimbulkan efek samping lain yang justru berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Siklus menstruasi juga dipengaruhi oleh berat badan yang tidak ideal, lho. Sebab, proses ovulasi bisa dipengaruhi oleh berat badan.  Ketika tak terjadi ovulasi, maka haid pun tidak akan datang. Oleh karena itu jagalah berat badan Anda, jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. 

  1. Melakukan Relaksasi

Stres sangat berkaitan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Saat tubuh menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin akibat stres, maka bisa bisa menghambat hormon estrogen dan progesteron yang penting bagi siklus haid.

  1. Kompres Air Hangat

Agar aliran darah meningkat di area perut dan sekitarnya, Anda bisa melakukan kompres air hangat lalu menempelkannya di perut. Hal ini disebut mampu mempercepat menstruasi.

Selain mengkompres perut dengan air hangat, Anda juga bisa mandi air hangat agar otot-otot kendur dan stres emosional juga hilang. Tapi perlu diketahui tidak ada yang membuktikan hal ini secara ilmiah.

Risiko Mempercepat Haid

Cara mempercepat haid di atas memang disebut tidak berisiko dan aman untuk dicoba. Namun, perlu juga untuk memperhatikan beberapa risiko atau efek samping yang mungkin terjadi dan tidak diinginkan.

Ketika mengkonsumsi pil KB atau vitamin, baca labelnya dan pastikan sudah memiliki izin edar dari BPOM. Pil KB juga akan memberikan efek berbeda pada masing-masing orang. Sehingga sebelum mencoba cara mempercepat haid dengan konsumsi pil KB ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *