Bintik Merah di Wajah Mengganggu Penampilan? Berikut 6 Penyebabnya

Bintik Merah di Wajah Mengganggu Penampilan? Berikut 6 Penyebabnya

Bintik merah di wajah memang sangat mengganggu sekali, terutama bisa menurunkan rasa percaya diri Anda. Untuk menghilangkannya pun perlu mengetahui apa penyebabnya.

Bintik merah di wajah ini memang merupakan keluhan yang sering dirasakan oleh sebagian orang. Ada yang bintik merah datar, ada pula bintik merah yang menonkol atau seperti bengkak. 

Ada beberapa penyebab munculnya bintik merah di wajah, bisa karena alergi, iritasi, hingga gejala kanker kulit. Jika Anda khawatir akan kondisi ini, sebaiknya periksakan ke dokter agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Beberapa Penyebab Bintik Merah di Wajah

Ada berbagai faktor yang membuat munculnya bintik merah di wajah. Secara umum, berikut faktor-faktor penyebab tersebut.

  1. Jerawat

Sudah tidak asing lagi dong, masalah yang paling umum terjadi di wajah adalah jerawat. Jerawat terjadi karena sebum menyumbat folikel rambut atau bisa juga karena sel kulit mati yang sudah menumpuk di permukaan kulit. Tidak hanya berbentuk bintik merah, tetapi jerawat juga berbentuk lesi menonjol (papule), berisi nanah, hingga berbentuk komedo. 

Jerawat biasanya diobati sesuai dengan jenis jerawatnya, Jika jerawat berbentuk papule, bisa menggunakan krim yang mengandung bahan aktif berupa retinoid, asam azelaic, benzoil peroksida, atau asam salisilat. Ada juga jenis jerawat yang bisa dihilangkan dengan antibiotik, namun harus atas rekomendasi dokter.

  1. Biang Keringat

Biang keringat juga bisa muncul di wajah. Biasanya muncul ketika cuaca sedang panas atau ketika setelah berolahraga. Hal ini disebabkan karena pori-pori yang tertutup keringat atau debu.

Nah, untungnya, biang keringat di wajah biasanya bisa hilang dengan sendirinya ketika kulit wajah sudah lebih tenang. Misalnya setelah Anda mencuci muka atau menyejukkan diri di ruangan ber-AC. 

Tapi, ada juga biang keringat ini yang terasa gatal dan perih sehingga sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan losion, salep, atau pun krim yang mengandung calamine. JIka biang keringat sudah parah, bisa diobati dengan krim steroid, tentu dengan resep dokter.

  1. Dermatitis Atopik

Bintik merah di wajah juga bisa disebabkan oleh dermatitis atopik atau eksim yang membuat wajah terasa gatal, kasar, dan berkerak. Eksim hanya bisa dihilangkan atau dikurangi dengan menghindari pemicunya. Sebab, dermatitis atopik ini tidak bisa disembuhkan. 

Dokter biasanya hanya meresepkan obat untuk mengurangi rasa gatal dan kemerahannya saja.

  1. Dermatitis Kontak

Alergi atau dermatitis kontak merupakan reaksi ketika kulit terkena alergen pemicunya. Bisa karena penggunaan zat tertentu, atau serbuk sari bunga yang tertiup angin dan mengenai wajah Anda. 

Efeknya akan terasa gatal, bengkak, dan muncul bintik merah. Biasanya akan sembuh setelah diobati dengan krim racikan dokter atau krim antihistamin.

  1. Rosacea

Rosacea ini memiliki ciri mirip dengan jerawat namun bintik merah tersebut jumlahnya banyak. Jenis rosacea yang sering muncul adalah papulopustular rosacea. Kondisi ini harus segera ditangani agar tidak menjadi permanen di wajah bahkan bisa menimbulkan komplikasi di kulit wajah Anda. Untuk rosacea yang masih biasa, bisa dengan mengoleskan krim atau gel, mengkonsumsi obat minum, serta dengan sinar laser. Sedangkan rosacea yang menyebabkan penebalan kulit, biasanya harus dengan operasi agar kulit kembali mulus.

  1. Herpes Zoster

Herpes zoster atau disebut juga shingle merupakan bintik merah di wajah yang biasanya terasa nyeri dan berisi air sehingga sering dianggap cacar. Penyebabnya pun sama, yaitu virus varicella zoster. 

Hanya saja, herpes zoster ini biasanya terjadi pada orang dewasa atau yang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Kondisi ini bisa diobati dengan krim penghilang rasa nyeri maupun gatal di area munculnya bintik merah.

Bintik merah di wajah belum bisa dipastikan tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung agar tidak salah diagnosis. Jika sudah menghentikan apa yang diduga menjadi faktor pemicunya dan kondisi wajah Anda tidak kunjung membaik, maka segeralah kunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *