Begini Tips Memilih Bottle warmer untuk Menghangatkan Susu

Begini Tips Memilih Bottle warmer untuk Menghangatkan Susu

Sebagai seorang working mom dan masih aktif menyusui, kamu tentu membutuhkan alat yang aman seperti bottle warmer untuk menghangatkan ASI dan menjaga nutrisinya.

Sebab, beberapa ahli tidak menyarankan menghangatkan ASI di tempat seperti microwave karena bisa menghancurkan nutrisi pada ASI. 

Suhu yang tidak pas atau terlalu panas, selain menghilangkan nutrisi ASI juga bisa membuat mulut bayi jadi melepuh. 

Ada banyak merek bottle warmer yang dijual dipasaran dengan harga yang bervariasi. Sebelum membelinya, sebaiknya kamu menyimak beberapa tips memilih bottle warmer ini. 

Perhatikan fitur yang ditawarkan

Hal pertama yang wajib diketahui saat membeli bottle warmer adalah dengan mengetahui spesifikasi serta fitur yang ditawarkan.

Sebagai contoh, kita wajib memperhatikan pengaturan suhu yang ditawarkan, apakah bisa menghangatkan ASI hingga suhu yang sesuai. Sebaiknya pilih bottle warmer yang memiliki pengaturan suhu otomatis dengan sekali menekan tombol, sehingga tidak bingung untuk mengatur suhu secara manual. 

Pilih berdasarkan manfaat

Ada beberapa produk yang menawarkan fungsi 2in1, yakni bottle warmer disertai dengan bottle sterilizer. Hal ini akan memudahkan pekerjaan kamu, apalagi jika kamu seorang working mom yang harus dituntut mengerjakan banyak hal. 

Dalam satu alat, kamu bisa sekaligus membersihkan botol ASI, tentu akan menghemat pengeluaran juga. 

Perlu diketahui jika membersihkan botol ASI dengan menggunakan bottle warmer dilakukan dengan direbus pada suhu 100 derajat celcius. Jadi, jangan membersihkan botol sekaligus menghangatkan ASI secara bersamaan, ya. 

Sesuaikan dengan botol susu yang dimiliki

Sebelum membeli, pastikan bottle warmer yang kamu pilih sesuai dengan bentuk botol ASI yang kamu miliki. Sebab, jika tidak pas tentu akan sulit digunakan.

Pilih sesuai kebutuhan

Sekarang, sudah tersedia bottle warmer yang juga sekaligus bisa digunakan untuk merebus telur. Jika tidak memiliki waktu untuk merebus telur dengan kompor, kamu bisa merebusnya di bottle warmer yang lebih praktis dan aman. Telur yang dihasilkan pun matang dengan pas dan nutrisinya masih tetap terjaga. 

Pilih berdasarkan sumber tenaga

Beberapa produk bottle warmer juga menyediakan pilihan untuk menghangatkan ASI, seperti listrik dan termal gel. 

Biar hemat, kamu bisa memilih bottle warmer dengan daya yang rendah, yakni antara 50-300 watt. 

Jika ingin praktis dan bisa dibawa kemana-mana, kamu bisa memilih bottle warmer dengan thermal gel yang sudah dipanaskan. Minusnya, menggunakan thermal gel dilakukan secara manual karena tidak ada indikator suhu. Sehingga, kita harus rajin mengeceknya berkali-kali. 

Pastikan produk bottle warmer aman dan bebas BPA

Hal penting yang jangan kamu lewatkan yakni memastikan jika produk yang kamu beli sudah bebas BPA atau biasa dikenal dengan bisphenol A.

Sebagai informasi, BPA merupakan unsur kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastik. Berdasarkan penelitian, produk yang mengandung BPA berbahaya untuk kesehatan. Jadi, sebaiknya memastikan dengan detail jika bottle warmer yang dipilih bebas dari BPA. 

Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan bottle warmer

Agar tidak salah, kamu wajib memperhatikan beberapa hal sebelum menghangatkan ASI menggunakan bottle warmer:

  • Beberapa produk bottle warmer tidak bisa mencairkan ASI yang beku. Sebaiknya taruh ASI di dalam kulkas (bukan freezer) beberapa saat sebelum dihangatkan. 
  • Baca petunjuk yang ada pada bottle warmer, jika salah memilih pengaturan suhu maka ASI akan menjadi terlalu panas dan membuat kulit bayi melepuh
  • Sebelum memberikan pada bayi, sebaiknya tes ASI terlebih dahulu pada pergelangan tangan, apakah hangatnya sudah pas atau mungkin jadi terlalu panas
  • Jangan menggunakan microwave untuk menghangatkan ASI karena bisa menyebabkan hotspot, yakni panas yang tidak merata dan merusak nutrisi pada ASI

Nah itu dia beberapa tips dalam memilih bottle warmer yang cocok untuk menghangatkan ASI. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *