Avamys, Semprotan untuk Atasi Hidung Tersumbat

Apabila Anda menderita hidung tersumbat, dan ingin segera mengobatinya tanpa meminum obat, Anda bisa menyemprotkan Avamys ke hidung Anda.

Ini adalah sebuah semprotan hidung yang dikhususkan sebagai solusi masalah tersebut. Semprotan hidung ini adalah produksi GlaxoSmithKline Indonesia, perusahaan farmasi internasional asal Inggris yang berlokasi di Jakarta.

Kandungan dan komposisi 

Semprotan hidung ini mengandung zat aktif bernama fluticasone furoate sebesar  2,75 mcg. Zat aktif ini yang bertanggung jawab mencegah adanya radang selaput pada hidung dan alergi yang muncul secara bersamaan dengan gejala bersin, flu, hidung, tersumbat, dan gatal.

Karena kemampuannya tersebut fluticasone furoate termasuk dalam golongan obat kortikosteroid.

Cara kerjanya zat aktif ini adalah dengan cara melepas bahan kimia penyebab alergi kemudian menghentikan dan mencegahnya.

Termasuk golongan apakah obat ini?

Obat semprotan hidung ini termasuk dalam golongan obat keras yang berarti obat tidak boleh diperjualbelikan secara bebas di toko-toko obat dan minimarket.

Obat hanya dijual secara terbatas di toko-toko obat khusus. Untuk penggunaannya ini Anda juga tidak boleh sembarangan, dan harus berdasarkan rekomendasi dan resep dari dokter. Hal ini karena kandungannya yang dapat menyebabkan efek samping parah.

Bagaimana cara penggunaannya dan berapa dosisnya?

Untuk menggunakannya adalah semprotkan ke hidung yang tersumbat, baik pada anak-anak maupun dewasa.

Untuk dosisnya adalah 2 semprotan pada lubang hidung, dosis rumat 1 semprotan pada tiap lubang hidung kemudian dosis dikurangi 1 semprotan apabila gejala sudah terkendali.

Untuk dosis ini agar benar-benar diperhatikan supaya Anda dan keluarga tidak terkena efek samping yang tidak menyenangkan.

Siapa yang tidak boleh menggunakan semprotan ini?

Avamys tidak disarankan untuk mereka yang punya penyakit hati berat, gangguan fungsi adrenal, dan katarak serta ibu hamil karena dikhawatirkan dapat memengaruhi janin.

Adakah efek sampingnya?

Untuk efek samping tentu saja ada mengingat ini adalah obat keras yang efek sampingnya harus benar-benar diperhatikan. 

Efek samping yang didapat adalah Anda akan mengalami mimisan, hidung terasa kering dan nyeri.

Apabila Anda merasakan salah satu gejala di atas segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter untuk konsultasi saran dan tindakan medis terbaik.

Yang perlu diperhatikan saat akan menyemprotkan cairan

Cara pemakaian

Sebelum menyemprotkan cairan ke lubang hidung, bacalah terlebih dahulu petunjuk penggunaan, yaitu basuh atau cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun lalu bersihkan hidung dari kotoran yang dapat menghambat semprotan.

Selanjutnya buka penutup semprotan lalu masukkan ke lubang hidung, dan tutuplah lubang hidung lain dengan tangan lalu semprotkan sembari menarik napas.

Lakukan hal yang sama pada lubang hidung lainnya, dan setelah pemakaian tutup kembali botol lalu bersihkan kembali tangan dengan air dan sabun.

Interaksi obat

Semprotan akan mengalami interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi dan efek samping. Adapun obat-obatan itu adalah ketokonazol dan ritonavir.

Anda sebaiknya untuk benar-benar memperhatikan supaya tidak terkena efek samping, dan usahakan jangan memakai pada jangka waktu yang cukup lama.

Penyimpanan

Semprotan hendaknya disimpan pada tempat sejuk dan kering, tidak terpapar sinar matahari langsung, dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Berapa harganya?

Avamys ini punya harga yang bergantung pada ukuran kemasan. Jika Anda memilih kemasan yang 60 spray, harganya berada di kisaran Rp 233.000-an, dan hanya bisa Anda peroleh di toko obat khusus setelah melalui rekomendasi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *