Atasi Nyeri Menstruasi! Mefenamic Acid 500mg Salah Satunya

Atasi Nyeri Menstruasi! Mefenamic Acid 500mg Salah Satunya

Nyeri saat menstruasi adalah kondisi yang sangat umum. Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), lebih dari setengah wanita yang mengalami menstruasi melaporkan rasa sakit akibat kram menstruasi setiap bulannya.

Nyeri saat menstruasi disebabkan oleh senyawa dalam tubuh yang dikenal sebagai prostaglandin. Sebelum menstruasi dimulai setiap bulan, tingkat prostaglandin di lapisan rahim meningkat. Kadar prostaglandin Anda paling tinggi pada hari pertama periode menstruasi. Itulah sebabnya nyeri haid biasanya lebih buruk. Lantas adakah cara untuk meredakan rasa nyeri pada saat menstruasi? Apakah penggunaan obat seperti Mefenamic Acid 500mg dapat membantu? Berikut detailnya.

1. Cobalah beberapa pose yoga untuk meredakan nyeri haid

Baik itu peregangan otot atau efek relaksasi dari pose-pose tersebut, latihan yoga secara teratur memang dapat membantu kram saat menstruasi. Melakukan program yoga selama satu jam seminggu sekali selama tiga bulan, akan mengurangi kram pada saat menstruasi. 

The Journal of Physiotherapy menemukan manfaat yoga untuk mengatasi nyeri. Anda dapat berlatih selama menstruasi atau sebelumnya. Akan tetapi beberapa instruktur menyarankan wanita untuk tidak melakukan pose terbalik (seperti berdiri di bahu atau kepala) di pada saat menstruasi, agar tidak mengganggu aliran darah.

2. Gunakan bantalan panas 

Rahim terbentuk dari otot, jadi apa pun yang membantu mengendurkan otot, seperti memberikan bantalan  panas, bisa sangat bermanfaat. Bantalan panas sangat efektif meredakan nyeri saat menstruasi. Gunakan bantal panas selama dua hari pertama menstruasi datang.

3. Gunakan obat pereda nyeri

Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti Mefenamic Acid 500mg, ibuprofen (Advil, Motrin) atau naproxen (Aleve) adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi nyeri haid. Obat tersebut dapat mengurangi jumlah prostaglandin dalam tubuh. 

4. Akupunktur untuk merilekskan sistem saraf

Menurut Jeannie Bianchi, ahli akupunktur berlisensi di San Francisco, akupunktur dapat membantu meredakan kram. Metode penyembuhan Asia kuno ini dianggap dapat merilekskan sistem saraf, sehingga memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke organ dalam, dan meredakan peradangan. Banyak penelitian menemukan bahwa akupunktur dapat meredakan nyeri haid dan tidak ada efek samping.

5. Beberapa variasi teh herbal 

Menurut Sonya Angelone, ahli gizi ahli diet terdaftar di wilayah San Francisco, teh tertentu dapat membantu meredakan kram menstruasi. Penelitian tentang teh herbal untuk meredakan nyeri haid jarang dilakukan, tetapi teh telah digunakan oleh wanita yang sedang menstruasi di berbagai budaya selama berabad-abad.

Teh chamomile dan peppermint sering direkomendasikan untuk mengatasi nyeri haid karena menenangkan tubuh. Ramuan herbal lain yang terkait dengan dismenore adalah yang terbuat dari kulit kayu kram, jahe, atau adas.

6. Konsumsi Mefenamic Acid 500mg 

Mefenamic Acid 500mg merupakan obat generik untuk mengobati berbagai rasa nyeri dalam tubuh. Mulai dari nyeri ringan, haid, mengalami peradangan, dan mengurangi gangguan inflamasi (peradangan) secara umum. Mefenamic Acid 500mg dapat membantu meringankan sakit pada saat menstruasi. 

Mefenamic Acid 500mg dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan sakit kepala, periode menstruasi. Dosis untuk nyeri haid. Dosis pertama adalah 500 mg. Kemudian, dilanjutkan dengan 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan. Obat ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari 3 hari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *