Atasi Kram Perut, Ini Khasiat Lain dari Buscopan

Buscopan adalah salah satu jenis obat yang dikenal ampuh mengatasi berbagai masalah pada bagian perut dan usus. Obat ini mengandung Hyoscine Butylbromide. 

Cara kerja Buscopan dengan mengurangi produksi asam di lambung, memperlambat gerakan alami dari usus dan melemaskan otot-otot di saluran cerna misalnya perut, usus, kandung kemih, ginjal dan kandung empedu. 

Lalu, apa saja khasiat dan manfaat Buscopan? Ini beberapa diantaranya:

1. Mengurangi Gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Manfaat Buscopan yang paling utama yaitu mampu mengurangi gejala irritable bowel syndrome (IBS).

Irritable bowel syndrome adalah kumpulan gejala akibat iritasi pada saluran pencernaan. Beberapa gejala yang bisa timbul akibat IBS diantaranya sakit atau kram perut yang berulang, kembung, diare, atau sembelit. 

Kondisi ini termasuk ke dalam jenis berkepanjangan (kronis) yang bersifat kambuhan. Adapun penyebab IBS bisa dipicu oleh beragam hal, termasuk stres, konsumsi makanan dan minuman tertentu, sampai perubahan hormonal, misalnya saat menstruasi.

2. Atasi Kram Akibat Infeksi Saluran Kencing

Selanjutnya, obat ini juga digunakan untuk mengatasi kram pada bagian saluran kencing. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh cystitis atau peradangan di kandung kemih yang menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil. 

Cystitis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri yang juga menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

3. Nyeri Perut Akibat Menstruasi 

Sebagian wanita, akan mengalami sakit perut yang menyiksa ketika menstruasi tiba. Gejala ini biasanya dibarengi dengan kram perut. Sakit perut saat haid terjadi karena kejang otot rahim. Kontraksi otot rahim ini dipicu oleh peningkatan hormon prostaglandin yang terjadi tepat sebelum menstruasi dimulai.

Buscopan juga banyak digunakan oleh wanita untuk mengatasi kram perut yang bisa terjadi akibat berbagai kondisi kesehatan, misalnya kram perut akibat menstruasi.

4. Nyeri pada Lambung 

Ada banyak permasalahan yang terjadi pada lambung. Nah, Buscopan juga banyak digunakan untuk mengatasinya. 

Mereka menggunakannya ketika lambung mengalami gangguan, seperti kembung, mual, muntah, nyeri pada bagian ulu hati, dan nyeri perut atas yang muncul setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. 

Aturan Pakai Buscopan 

Biasanya Buscopan diberikan melalui resep dokter. Namun, Anda juga bisa mendapatkannya tanpa resep dokter selama menyesuaikan dengan gejala-gejala yang telah didiagnosis dokter.

Buscopan tersedia dalam bentuk tablet dan suntikan (injeksi). Cara penggunannya pun disesuaikan dengan obat yang Anda beli.

Untuk, jenis tablet, Anda dapat menelannya utuh dengan bantuan air putih (secara oral). Jangan mengisap, membelah, atau mengunyah tablet, ya. 

Dokter umumnya akan meresepkan obat ini sebanyak 1-2 tablet sebanyak tiga kali sehari, bergantung pada kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Anda dapat meminum obat ini jika gejala nyeri perut muncul. Obat ini dapat diminum sebelum atau setelah makan. Lalu, kalau ternyata Anda melewatkan satu dosis, minumlah sesegera mungkin begitu Anda mengingatnya.  

Sementara itu, Buscopan injeksi biasanya hanya diberikan oleh dokter atau tim medis di rumah sakit.

Nah, itulah sederet khasiat dari obat Buscopan. Meski khasiat obat ini banyak, tetapi tak semua diperbolehkan mengonsumsinya. 

Penderita dengan hipertensi, gangguan fungsi hati dan gangguan ginjal, wanita hamil dan menyusui, sebaiknya tidak menggunakan Buscopan untuk mengatasi masalah yang dialami.

Jika muncul efek samping yang membahayakan, seperti mulut kering, detak jantung berdetak cepat, mengalami sembelit, gangguan penglihatan, muncul berbagai permasalahan kulit, seperti ruam dan gatal, sulit bernapas, hingga kejang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *