Apa Itu Prosedur Rhizotomy?

Apa Itu Prosedur Rhizotomy?

Rhizotomy adalah prosedur bedah yang bermanfaat untuk mematikan akar saraf pada sumsum tulang belakang. Prosedur ini sangat efektif untuk mengurangi nyeri punggung kronis dan kejang otot. Pada kondisi nyeri sendi di tulang belakang, rhizotomy facet dapat digunakan untuk meredakan nyeri punggung bawah dengan melumpuhkan saraf sensorik pada sendi facet.

Prosedur rhizotomy dapat dilakukan dengan menggunakan suatu alat yang disebut electrified hot probe. Alat ini lah yang akan dimasukkan ke saraf sensorik pasien tepat di luar sendi untuk menonaktifkan saraf dan mencegah sinyal rasa sakit mencapai ke otak. Jika pasien dapat merespons infeksi facet dengan baik, rhizotomy kemungkinan akan menjadi pengobatan nyeri yang efektif.

Manfaat prosedur rhizotomy

Prosedur rhizotomy perlu dilakukan karena memiliki banyak manfaat, yakni:

  • Sebagai alternatif dari operasi terbuka
  • Dapat menghilangkan rasa sakit dengan segera
  • Jangka waktu pemulihannya cenderung singkat
  • Berkurangnya kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit dalam jangka panjang
  • Meningkatkan fungsi saraf

Rhizotomy paling sering digunakan untuk mengobati nyeri kronis dan kondisi seperti, radang sendi tulang belakang (spondylosis), sakroilitis, nyeri leher, punggung, lutut, panggul, dan saraf tepi. Sebelum prosedur dilaksanakan, dokter yang akan meninjau riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan pencitraan lain untuk menentukan lokasi target operasi. 

Siapkanlah daftar pertanyaan terkait prosedur rizotomi yang ingin Anda ajukan pada dokter saat pertemuan tersebut. Jika mengonsumsi aspirin atau obat pengencer darah, Anda mungkin akan diminta untuk berhenti meminumnya beberapa hari sebelum prosedur. Diskusikan setiap pengunaan obat dan alergi yang Anda miliki pada dokter.

Rhizotomy biasanya dilakukan secara rawat jalan di ruang prosedur khusus yang memiliki akses ke fluoroskopi. Mintalah seseorang mengantar dan menemani pulang dari rumah sakit.

Langkah-langkah prosedur rhizotomy

Prosedur dapat berlangsung 15 hingga 45 menit, dengan langkah berikut ini:

  • Anda akan diminta untuk berbaring di meja rontgen.
  • Anda akan tetap terjaga dan sadar selama prosedur untuk memberikan umpan balik kepada dokter. 
  • Obat penenang dosis rendah, seperti diazepam dapat diberikan untuk membuat Anda tenang selama prosedur berlangsung.
  • Teknik rizotomi dilakukan dengan bantuan fluoroskop, Dokter akan mengarahkan jarum berlubang tipis ke daerah yang menyebabkan rasa sakit.
  • Fluoroskopi memungkinkan dokter melihat jarum secara real-time pada monitor fluoroscope untuk memastikan bahwa jarum menuju ke lokasi yang diinginkan. 
  • Suatu zat pewarna yang disebut media kontras dapat disuntikkan untuk memastikan lokasi jarum yang benar. 
  • Setelah jarum berada di tempatnya, pasien akan menerima obat bius lokal. 
  • Kemudian arus frekuensi radio akan dialirkan melalui jarum berlubang untuk membuat luka bakar kecil di lesi target. 
  • Arus frekuensi radio ini akan menghancurkan bagian saraf yang mentransmisikan rasa sakit dan mengganggu sinyal penghasil rasa sakit. Proses ini memakan waktu sekitar 90 detik untuk setiap area target. Beberapa saraf dapat dibakar pada saat yang bersamaan.

Rhizotomy dapat menghilangkan rasa sakit di target operasi selama 9 bulan hingga lebih dari 2 tahun. Ada kemungkinan pada 6-12 bulan setelah prosedur, saraf akan tumbuh kembali melalui lesi yang terbakar. Prosedur ini dapat diulang jika perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *