Kesehatan Mental

Trikotilomania 

Trikotilomania merupakan gangguan mental yang membuat seseorang ingin menarik rambut baik di bagian kepala, alis mata, maupun bagian lain pada tubuh mereka. Trikotilomania merupakan perilaku yang terjadi secara berulang dan sulit untuk dihentikan. Salah satu penyebab seseorang mengalami trikotilomania adalah stres.
Trikotilomania bisa terjadi pada remaja, namun lebih umum terjadi pada orang dewasa, namun lebih banyak terjadi pada wanita. Trikotilomania juga bisa memicu rasa kurang percaya diri pada manusia, karena mereka terus menarik rambut sehingga bisa menimbulkan kebotakan di satu sisi.

Kebiasaan menarik rambut bisa dialami baik ketika manusia sadar maupun tidak sadar. Ketika menarik rambut, penderita bisa merasa senang, karena hal tersebut merupakan cara untuk mengatasi emosi negatif seperti merasa sedih.

Tanda dan Gejala

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders edisi kelima (DSM-5) yang menjadi panduan untuk Asosiasi Psikiater Amerika (American Psychiatrist Association), seseorang yang mengalami trikotilomania menunjukkan perilaku yang berfokus pada tubuh dengan menarik rambutnya, dan hal tersebut terjadi secara berulang, meskipun adanya usaha untuk mencegah kebiasaan seperti ini.
Perilaku yang dialami manusia bisa terjadi baik ketika mereka merasa senang maupun sedih. Kriteria-kriteria trikotilomania adalah sebagai berikut:

  • Menarik rambut secara terus menerus sehingga membuat rambut rontok.
  • Mencoba untuk menghentikan kebiasaan yang dialami, bahkan secara terus menerus.
  • Penarikan rambut yang dilakukan memicu gangguan pada aspek kehidupan individu.
  • Seseorang yang mengalami kondisi medis berupa kondisi dermatologis.
  • Penarikan rambut yang menjadi kebiasaan seseorang yang mengalami gangguan mental (body dysmorphic disorder).

Penyebab
Tidak ada penyebab yang jelas seseorang bisa mengalami trikotilomania. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang mungkin dapat membuat seseorang mengalami trikotilomania:

  • Riwayat keluarga, bisa saja ada anggota keluarga yang mengalami hal yang sama.
  • Usia, seseorang bisa mengalami trikotilomania ketika usianya di antara 10 hingga 13 tahun.
  • Tekanan, banyaknya pikiran bisa membuat seseorang mengalami trikotilomania sebagai cara untuk mengurangi masalah tersebut.
  • Hormon, bisa mengalami perubahan saat pubertas.
  • Jalur otak, salah satu penyebab dimana hal tersebut memicu ketidaknormalan ketika mengatur emosi, pergerakan, pembentukan kebiasaan, dan kontrol impuls.
  • Zat-zat kimia, ketidakseimbangan pada zat-zat tersebut bisa terjadi.

Diagnosis

Jika Anda mengalami trikotilomania, Anda sebaiknya periksa diri ke dokter. Dokter dapat melakukan diagnosis dengan cara berikut:

  • Evaluasi

Cara tersebut dilakukan dengan memeriksa kondisi rambut dan kondisi medis lainnya.

  • Wawancara

Cara ini dilakukan untuk mengetahui jika individu mengalami gangguan dalam kontrol impuls.

Pengobatan
Jika Anda ingin mengobati trikotilomania, maka pengobatan yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Medikasi

Contoh obat yang dapat Anda gunakan adalah obat antidepresan.

  • Terapi

Terapi yang dapat dilakukan adalah terapi kognitif, terapi penerimaan dan komitmen, dan pelatihan pembalikan kebiasaan (habit reversal training).

Pencegahan
Selain pengobatan, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah trikotilomania:

  • Mengurangi stres seperti yoga.
  • Mengurangi kebiasaan menarik rambut.
  • Memotong rambut.
  • Memakai topi.

Berkonsultasi Dengan Dokter
Jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter, Anda sebaiknya persiapkan diri dengan beberapa hal berikut:

  • Mencatat riwayat medis Anda atau keluarga.
  • Mencatat gejala yang Anda alami.
  • Mencatat obat-obat yang Anda konsumsi.

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter, dokter akan menanyakan kepada Anda seperti:

  • Apa saja gejala yang Anda alami?
  • Apakah Anda menggunakan obat-obatan?
  • Apakah kebiasaannya menghilang atau terus terjadi?

Kesimpulan
Meskipun trikotilomania bukan merupakan gangguan yang serius, Anda sebaiknya hilangkan kebiasaan seperti ini dengan menerapkan beberapa cara yang disebutkan di atas. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat tanyakan ke dokter mengenai trikotilomania.

Hidup Sehat

Diklaim Lebih Sehat, Apakah Air Hexagonal Itu?

Air hexagonal dengan berbagai klaim manfaatnya, cukup ramai diperbincangkan. Di pasaran, tersedia produk air hexagonal dengan harga yang tentu relatif lebih tinggi dibanding air mineral biasa. Apa sebenarnya air hexagonal ini?

Ada beberapa istilah untuk air hexagonal. Sebagian menyebutnya air terstruktur, ada pula yang menyebutnya sebagai magnetic water. Jenis air ini merupakan air yang telah dibuat sedemikian rupa agar strukturnya berubah menjadi bentuk hexagonal. Konon, struktur tersebut serupa dengan struktur air yang belum tercemar atau terkontaminasi.

Klaim manfaat air hexagonal

Disebut-sebut bahwa air hexagonal lebih sehat dibandingkan air mineral biasa. Menurut para produsen air hexagonal, jenis air ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi.

Berkaitan dengan otak, air hexagonal dinyatakan dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

Konsumsi jenis air ini juga dikatakan dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal, serta menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Tidak hanya itu, konsumsi air hexagonal disebutkan dapat membantu untuk detoksifikasi tubuh. Pencernaan menjadi lebih lancar dan tidak lagi terjadi konstipasi. Bahkan, jenis air ini juga disebutkan dapat membuat kulit lebih mulus.

Dan salah satu klaim yang paling bombastis dari air hexagonal ini adalah dapat membuat orang yang mengonsumsinya memiliki usia harapan hidup lebih panjang.

Pandangan ilmiah tentang air hexagonal

Berdasarkan teori-teori seputar air hexagonal, diduga strukturnya yang berbentuk hexagonal memungkinkan air jenis ini menahan energi. Karenanya, energi tersebut diduga dapat membuat tubuh lebih berenergi dan meningkatkan kemampuan air dalam menghidrasi tubuh.

Sayangnya, berbagai manfaat dan teori yang mendasari manfaat tersebut, kebanyakan berupa klaim dari produsen air hexagonal. Setidaknya, sampai saat ini belum ditemukan penelitian valid yang mendukung klaim manfaat kesehatan yang diberikan oleh air hexagonal.

Memang, pada tahun 2013 pernah dilakukan sebuah penelitian tentang air hexagonal. Penelitian tersebut berkaitan dengan kemampuan air hexagonal dalam menurunkan kadar gula darah.

Sesuai dengan jurnal yang dirilis oleh Nutrition Research and Practice, dilaporkan bahwa penelitian melibatkan hewan uji yang telah diinduksi dan menjadi diabetes. Dalam delapan minggu pemberian air hexagonal, terlihat ada penurunan kadar gula darah dalam tubuh hewan uji.

Hasil penelitian ini terdengar sangat menjanjikan, bukan? Namun, skala penelitian ini sangat kecil, hanya melibatkan 24 hewan uji. Hasil penelitian juga tidak pernah diteliti lebih lanjut pada manusia.

Lebih dari itu, ada banyak sekali teori tentang air hexagonal yang dapat dipatahkan dengan teori ilmiah. Sebagai contoh, struktur air adalah H2O. Artinya, satu molekul air mengandung 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

Sementara air hexagonal dikatakan memiliki struktur H3O2. Padahal, struktur air merupakan H2O. Struktur yang berbeda tersebut mengindikasikan bentuk senyawa kimia lain yang belum diketahui.

Singkat kata, klaim manfaat kesehatan yang dimiliki air hexagonal belum terbukti secara ilmiah.

Manfaat kesehatan dari air mineral atau air putih telah lama sekali diketahui. Tidak harus memiliki struktur hexagonal agar air memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Bagian paling penting, Anda mengonsumsi cukup air putih. Minimal 8 gelas per hari jika aktivitas Anda biasa saja. Tapi, minumlah lebih banyak air bila Anda termasuk orang yang sangat aktif, sedang mengandung atau menyusui, tinggal di daerah tropis, serta sedang sakit, terlebih mengalami infeksi bakteri atau virus.

Hidup Sehat

Gula Cair

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis sudah menjadi kebiasaan bagi setiap orang, karena dapat memberikan rasa yang nyaman di lidah. Setiap hari orang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, dan bahan gula yang digunakan juga berbeda, salah satu bahan tersebut adalah gula cair.

Gula cair adalah salah satu jenis gula yang digunakan untuk minuman bersoda. Gula cair memiliki konsentrasi tinggi dimana gula tersebut, bila dikonsumsi, tidak menimbulkan rasa kenyang, namun membuat orang ingin menambah porsi. Orang-orang justru tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi gula cair dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, gula cair memiliki ciri khas yang berbeda dengan gula pasir. Kedua jenis gula tersebut menimbulkan reaksi yang berbeda pada otak manusia.

Perbedaan lain, sebagai contoh, seseorang yang mengkonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah kalori sebanyak 450 kalori dan orang yang mengkonsumsi minuman bersoda dengan jumlah kalori yang sama. Hasil dari perbandingan tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi minuman bersoda ingin mengkonsumsi makanan atau minuman lain.

Dengan demikian, jika orang-orang mengkonsumsi gula cair, mereka akan merasa sulit untuk mengendalikan diri untuk tidak makan atau menambah porsi dari apa yang mereka konsumsi.

Dampak Gula Cair Bagi Tubuh

Gula cair dapat memicu dampak negatif bagi tubuh. Berikut adalah dampak negatif yang terjadi pada kesehatan manusia bila manusia mengkonsumsi gula cair:

  • Naiknya berat badan

Jika manusia mengkonsumsi gula cair, maka akan berpotensi untuk mengalami kenaikan berat badan. Gula cair termasuk bahan yang mengandung gula tinggi dimana bahan tersebut dapat membuat tubuh manusia memerlukan kalori yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian juga menemukan kaitannya antara konsumsi fruktosa secara berlebihan dengan penumpukan lemak di perut dimana masalah ini bisa menjadi salah satu indikator sindrom metabolik yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

  • Gula darah tidak terkendali

Jika manusia mengkonsumsi gula, khususnya gula cair, secara berlebihan, maka dapat memicu kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh dan resistansi insulin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar fruktosa yang tinggi dapat menimbulkan sensitivitas insulin mereka menurun. Tugas insulin adalah mengendalikan gula di dalam darah agar manusia terhindar dari risiko diabetes tipe 2.

Gula cair dapat membuat manusia mengkonsumsi fruktosa dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Sebuah penelitian yang melibatkan 300.000 orang, mereka yang mengkonsumsi 2 minuman dengan pemanis tambahan setiap hari, menunjukkan bahwa 26% responden lebih rentan terhadap diabetes tipe 2.

  • Masalah pada jantung

Gula cair juga dapat memicu gangguan pada jantung. Ketika seseorang mengkonsumsi gula cair dalam jumlah yang banyak, maka terjadi peningkatan pada molekul lemak di pembuluh darah. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga dapat memicu serangan jantung.

Cara Mengatasi Masalah Seperti Ini

Orang-orang perlu dibatasi dengan mengkonsumsi 143 kalori dari makanan yang mengandung gula cair. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap asupan gula di dalam tubuh. Sebagian orang tidak mengalami masalah jika mengkonsumsi gula cair dalam jumlah yang banyak, sebagian orang perlu membatasi jumlah asupan pada makanan yang mengandung gula, bahkan sebagian tidak ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, orang-orang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi gula cair, apalagi dalam jumlah yang banyak. Mereka bisa mengkonsumsi beberapa alternatif sebagai berikut: air putih, kopi, teh herbal, dan teh hijau.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang gula cair yang perlu Anda pahami. Anda sebaiknya menahan diri untuk tidak mengkonsumsi bahan seperti ini, apalagi dalam jumlah yang banyak. Jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka dapat memicu gangguan pada tubuh seperti serangan jantung. Jika Anda mengalami gangguan pada tubuh karena mengkonsumsi gula cair, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Kulit & Kecantikan

Sebelum Threading Alis, Pahami 5 Hal ini

Bagi para perempuan, memiliki alis yang rapi dan bisa dibentuk dengan sempurna merupakan dambaan banyak perempuan. Salah satu manfaat alis adalah dianggap mampu membingkai wajah dengan manis. Berbagai cara ditempuh oleh banyak perempuan untuk membuat alis mereka menjadi lebih menarik, salah satunya dan yang paling populer adalah dengan threading alis.

Semakin berkembangnya jaman membuat banyak klinik kecantikan menawarkan perawatan terhadap alis, seperti mencukur merapikan dan juga membentuknya. Threading untuk alis menjadi salah satu cara yang paling banyak digemari karena cenderung tidak banyak memakan waktu tetapi memberikan hasil yang presisi dan memuaskan bagi para perempuan.

Persiapan Threading Alis

  • Cocok untuk Kulit Sensitif

Toleransi terhadap rasa sakit yang lebih rendah biasanya dialami bagi orang dengan kulit sensitif, salah satunya terjadi pada saat perawatan pencabutan bulu seperti plucking atau waxing, sakit yang dirasakan akan lebih kuat. Banyak metode pembentukan rambut alis, threading menjadi yang paling cocok dilakukan untuk kulit sensitif.

Pada kulit sensitif, threading cocok digunakan karena tidak menyebabkan sel kulit mati yang terdapat di area alis tidak terangkat. Kemudian, threading tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang berpotensi menyebabkan kulit iritasi, sehingga metode ini sangat disarankan bagi para perempuan yang ingin membentuk alis.

  • Partisipasi Klien

Ketika melakukan pembentukan alis dengan waxing, klien akan dibantu terapis yang kemudian mempersilahkan klien duduk atau tiduran saja. Berbeda ketika melakukan threading, metode ini membutuhkan bantuan dari klien untuk menarik kelopak mata ke arah berlawanan agar area alis lebih terpapar dan mudah dicukur dengan benang.

  • Sakit yang Muncul

Sama seperti proses mencukur rambut lainnya, threading berisiko menimbulkan rasa sakit pada bagian tertentu. Meski demikian, rasa sakit yang muncul tergolong rendah dalam artian lain masih bisa ditahan. Selama proses berlangsung, klien bisa mengalami beberapa reaksi alami seperti mata berair dan menimbulkan tekanan pada alis, jadi sangat disarankan untuk sedia tisu.

  • Efek Samping

Pada umumnya efek samping yang sering muncul adalah rasa tidak nyaman, selain itu threading juga akan membuat kulit mengalami kemerahan. Hal ini sebagai akibat dari gesekan benang dan permukaan kulit, efek kemerahan biasanya bertahan dalam kurun waktu satu jam setelah proses threading selesai dilakukan.

  • Cara Redakan Kemerahan

Salah satu cara yang bisa digunakan dalam mengurangi rasa tidak nyaman dan efek kemerahan yang muncul pada kulit, yakni menggunakan soothing gel. Soothing gel adalah jenis produk yang paling umum dipakai adalah aloe vera gel, karena sangat mudah untuk didapatkan. Cara penggunaan produk ini juga sangat mudah.

Hanya perlu di aplikasikan pada area yang kemerahan dalam jumlah yang tidak banyak, usahakan bahan yang berupa gel ini tidak menetes atau bahkan masuk ke mata. Sangat disarankan untuk memilih produk ini tanpa kandungan alkohol.

Kulit kemerahan adalah kondisi yang wajar setelah seseorang melakukan threading, kondisi tersebut merupakan reaksi normal. Pada umumnya kondisi ini akan secara berangsur mereda dengan sendirinya dalam beberapa jam, jika khawatir kondisi kemerahan ini akan berlanjut dalam jangka waktu panjang, mengompres dengan air dingin bisa untuk pencegahan.

Perlu diperhatikan bahwa melakukan threading alis dilakukan oleh ahli yang berpengalaman, jangan asal datang ke salon dan meminta perawatan ini. Usahakan salon yang dipercaya memiliki praktisi berpengalaman dan sudah memiliki izin untuk melakukan perawatan alis dengan metode tersebut.

Penyakit

Hati-hati Gangguan Keseimbangan, Lakukan Tes Posturografi

Gangguan keseimbangan dapat menyebabkan pusing dan membuat Anda seperti berputar atau bergerak mesikipun Anda sedang berdiri atau duduk diam. Sebagai hasilnya, Anda merasa tidak enak dan mual, yang mana akan sangat mengganggu kehidupan aktivitas sehari-hari Anda. Dalam beberapa kasus, gangguan keseimbangan juga dapat menyebabkan seseorang terjatuh, mengakibatkan patah tulang dan cidera lain. Gejala utama adanya gangguan keseimbangan adalah Anda merasa goyah saat berjalan atau berdiri. Apabila Anda merasa kesulitan berjalan akibat hal tersebut, segera lakukan beberapa jenis tes gangguan keseimbangan seperti tes darah, tes pergerakan mata, dan posturografi untuk membantu dokter memberikan diagnosa dan perawatan yang tepat. Namun, apa sebenarnya gangguan keseimbangan tersebut?

Apa yang menyebabkan gangguan keseimbangan?

Beberapa penyebab gangguan keseimbangan di antaranya adalah infeksi pada telinga, gangguan telinga dalam, cidera kepala, sirkulasi darah yang buruk, penggunaan beberapa obat-obatan tertentu, ketidakseimbangan kimiawi di otak, tekanan darah rendah dan tinggi, kondisi saraf tertentu, penuaan, dan arthritis. Agar mendapatkan diagnosa yang tepat, Anda perlu melakukan beberapa rangkaian tes seperti posturografi. Beberapa diagnosa yang dapat dibuat di antaranya adalah:

  • Vertigo. Kondisi ini dapat menyebabkan penderita pusing saat menggerakkan kepala mereka. Gejala ini biasanya muncul ketika Anda mencoba melihat ke belakang atau menengadah ke atas guna mengambil sesuatu yang terletak di atas kepala.
  • Infeksi atau peradangan telinga dalam. Kondisi ini dapat membuat Anda pusing dan goyah saat berjalan. Penyakit flu atau infeksi sistem pernapasan atas dapat menyebabkan kondisi ini.
  • Penyakit Meniere. Penyakit jenis ini mengubah volume cairan yang ada di dalam telinga Anda dan menyebabkan gangguan keseimbangan, hilangnya kemampuan dalam mendengar, dan bunyi dering nyaring di telinga. Hingga saat ini, penyebab penyakit ini masih belum diketahui.
  • Cidera kepala dapat disebabkan oleh aktivitas fisik yang keras, infeksi telinga, dan perubahan tekanan udara. Kondisi-kondisi tersebut akan menyebabkan bocornya cairan dalam telinga ke telinga tengah, mengakibatkan gangguan keseimbangan.
  • Perjalanan laut yang dapat menyebabkan gangguan keseimbangan yang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk benar-benar hilang.
  • Tumor. Kondisi seperti neuroma akustik dapat menyebabkan gangguan keseimbangan.

Faktor risiko dan diagnosa

Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan keseimbangan terutama apabila Anda sedang dalam masa pengobatan, memiliki infeksi virus, mengalami masalah telinga dalam, atau sedang dalam masa pemulihan setelah mendapatkan cidera kepala. Apabila Anda berumur 65 tahun atau lebih dan memiliki penyakit arthritis dan tekanan darah tinggi atau rendah, Anda memiliki risiko tinggi memiliki gangguan keseimbangan. Selain itu, bepergian menggunakan perahu atau kapal juga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan sementara.

Gangguan keseimbangan memang cukup sedikit sulit untuk didiagnosa mengingat kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dokter mungkin akan bertanya mengenai gejala dan meninjau riwayat kesehatan Anda untuk mencari kondisi atau penggunaan obat-obatan yang dapat memicu kondisi gangguan keseimbangan. Dalam beberapa kasus, Anda akan dirujuk pada dokter ahli THT. Mereka akan melakukan beberapa jenis tes seperti tes darah, tes pendengaran, tes pergerakan mata, pemindaian pencitraan pada kepala dan otak (MRI atau CT scan), dan posturografi (studi postur tubuh). Gangguan keseimbangan dapat menjadi sebuah masalah sementara ataupun jangka panjang, tergantung dengan penyebab kondisi tersebut. Untuk kasus infeksi telinga, biasanya gangguan ini akan sembuh setelah mendapatkan perawatan yang cukup. Namun, dalam kasus-kasus tertentu (misalnya disebabkan karena kondisi kronis atau penuaan), proses penyembuhan akan memakan waktu yang sangat lama.

Kulit & Kecantikan

Berbagai Manfaat Yang Dimiliki Masker Yogurt

Popularitas yogurt dalam beberapa tahun terakhir cukup meningkat dan mulai masuk ke dalam rutinitas perawatan kulit, seperti masker. Masker yogurt mengandung asam laktat, asam alfa hidroksi, yang melarutkan sel kulit mati.

Pengelupasan lembut oleh yogurt tidak hanya membantu menciptakan cahaya alami dan mencegah berjerawat, tetapi juga berfungsi untuk mengurangi tampilan garis dan kerutan pada wajah.Ketika dioleskan ke kulit, masker wajah yogurt akan membantu melembabkan, melawan jerawat, mencegah penuaan dini, meringankan kulit terbakar, dan mengurangi perubahan warna pada kulit Anda.

Jika Anda ingin mencoba masker wajah yogurt di rumah, penting untuk memahami semua sifat dan resiko yang terlibat, serta bahan-bahan lain yang mungkin ingin Anda coba. Ketika Anda mencoba masker wajah yogurt, Anda dapat mencoba berbagai jenis yogurt dan bahan-bahan berdasarkan hasil yang ingin Anda capai.

Cara terbaik membuat masker yogurt adalah dengan menggunakan yogurt tawar tanpa rasa untuk masker wajah, tetapi tidak semua jenis sama. Yogurt susu sapi biasa mengandung lebih banyak kalsium daripada varietas lainnya. Yogurt Yunani, di sisi lain, memiliki tekstur lebih tebal karena tidak adanya jumlah whey yang dimiliki oleh jenis lainnya, sehingga lebih mudah diaplikasikan pada kulit.

Namun jika Anda memiliki alergi susu sapi, Anda dapat menggunakan yogurt nabati yang terbuat dari almond dan santan, serta yogurt susu kambing. Semua jenis masker wajah memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan tekstur kulit, warna kulit, dan keseimbangan kelembaban kulit Anda. Namun, manfaatnya bervariasi berdasarkan bahan yang Anda gunakan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang diakui dari penggunaan masker wajah yogurt:

  • Menambah kelembaban

Tekstur lembut yogurt dianggap membantu mengunci kelembaban di kulit Anda.

  • Mencerahkan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa masker yogurt berpotensi mencerahkan kulit Anda.

  • Manfaat pengencangan

Yogurt dipercaya dapat membantu meratakan warna kulit Anda dan juga mengencangkan kulit, menurut riset hal ini mungkin terjadi dengan bantuan probiotik yang terjadi secara alami.

  • Perlindungan sinar UV

Selain memiliki potensi untuk membantu mengembalikkan bintik-bintik penuaan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, yogurt juga membantu meminimalkan efek sinar ultraviolet (UV).

  • Peningkatan elastisitas pada kulit

Menurut penelitian, yogurt dapat mendukung peningkatan elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda secara alami kehilangan kolagen, sejenis protein yang meningkatkan elastisitas. Masker yogurt dapat membantu mengembalikan elastisitas sekaligus meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

  • Mengurangi garis-garis halus dan kerutan

Peningkatan elastisitas juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa probiotik dalam yogurt dapat membantu melindungi terhadap tanda-tanda penuaan.

  • Mengatasi jerawat

Probiotik juga dianggap membantu melawan bakteri P. acnes, penyebab utama lesi jerawat peradangan dan membantu mencegah jerawat.

  • Mengobati kondisi kulit radang lainnya

Efek anti-inflamasi yang sama yang ditemukan dalam probiotik dianggap membantu mengobati kondisi kulit inflamasi lainnya, termasuk rosacea, psoriasis, dan eksim.

Yogurt memiliki banyak manfaat, baik untuk tubuh secara keseluruhan dan juga untuk wajah Anda. Namun, jika Anda memiliki kulit terinfeksi atau bermasalah, Anda disarankan untuk memiliki persetujuan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan masker yogurt.

Kesehatan Mental

Mengenal Kepribadian Sanguinis, Si Periang yang Optimis

Di antara Anda, mungkin ada yang sudah cukup familier dengan pembagian kepribadian manusia. Para ahli meyakini hal yang berbeda terkait pengelompokkan kepribadian manusia ini. Salah satunya meyakini bahwa manusia terbagi dalam 4 kepribadian, yaitu kepribadian sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis.

Namun, kali ini kita akan fokus untuk membahas kepribadian sanguinis yang terkenal periang itu. Kepribadian ini juga terkenal senang berbicara. Wajar saja, bila orang dengan kepribadian sanguinis cenderung senang menjalin relasi dan suka menjadi pusat perhatian.

Ciri kepribadian sanguinis

Orang di sekitar seseorang dengan kepribadian sanguinis akan melihatnya sebagai pribadi yang penuh percaya diri. Jadi, apa saja sebetulnya ciri-cirinya?

1. Suka bercerita dan didengarkan

Sanguinis suka sekali mengungkapkan perasaan. Pribadi ini sangat terbuka dalam menyampaikan perasaan atau persoalan yang tengah dihadapi, bahkan kepada orang yang baru dikenalnya.

Saat menceritakan sesuatu, seorang sanguinis biasanya akan sangat antusias. Mereka senang didengarkan dan menjadi pusat perhatian dalam berbagai lingkungan pergaulan.

Di satu sisi, hal ini baik karena orang dengan kepribadian sanguinis jadi mudah mengungkapkan gagasan. Akan tetapi, tidak jarang karakter ini membuat sanguinis menjadi angkuh dan tidak bersedia mendengarkan pendapat orang lain.

2. Senang menjalin relasi

Karakter sebelumnya sangat berkaitan dengan ciri yang satu ini, sanguinis senang sekali menjalin relasi. Mereka cenderung dapat memulai pertemanan dengan mudah, hampir dengan siapa saja.

Hal tersebut sepertinya didukung oleh pembawaannya yang hangat serta mudah membuat orang jatuh hati. Sehingga, banyak orang yang suka berteman dengan seorang sanguinis.

Akan tetapi, bila menurutnya orang yang menjadi teman bicara itu membosankan, sanguinis tidak segan untuk beralih kepada orang lain. Nah, hal ini membuatnya mudah merasa kesepian, sebab relasi yang dijalani didasarkan pada perhitungan untung dan rugi, padahal orang dengan kepribadian sanguinis rata-rata memiliki banyak teman.

3. Optimis

Boleh dibilang, karakter sanguinis itu sangat playful. Mereka sangat percaya bahwa hidup merupakan pengalaman menyenangkan dan perlu dinikmati.

Perspektif ini sepertinya membawa mereka untuk selalu optimis memandang segala sesuatu. Ya, sanguinis cenderung melihat sesuatu dari sisi positif dan menjalani hidup sepenuhnya.

4. Memiliki energi yang besar

Sudah bukan rahasia bahwa sanguinis senang sekali melakukan kegiatan dalam kelompok. Anda pernah membayangkan terus bercerita atau berkegiatan di banyak kelompok? Bagi kepribadian lain, hal tersebut mungkin terasa melelahkan. Tapi, tidak bagi kepribadian sanguinis.

Mereka dianugerahi dengan energi dan semangat yang besar. Mudah saja bagi sanguinis untuk mengunjungi banyak tempat atau bertemu banyak orang dalam sehari. Anda yang melihatnya akan merasa bahwa mereka tidak pernah mengenal rasa lelah dan selalu beraktivitas dengan riang gembira.

5. Impulsif

Kepribadian sanguinis memiliki salah satu ciri yang sangat khas, yaitu impulsif. Sangat sulit bagi seorang sanguinis untuk mengendalikan keinginannya.

Tidak jarang, sanguinis membuat keputusan tiba-tiba yang tidak didasarkan pada pertimbangan matang, hingga merugikan dirinya sendiri.

Seperti semua kepribadian, sifat-sifat sanguinis juga dapat menguntungkan dan merugikan. Namun, karakter-karakter seperti extrovert, optimis, mudah bergaul dan menjalin relasi, termasuk karakter yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung karier.

Berdasarkan karakter tersebut, seseorang dengan kepribadian sanguinis cocok untuk menjalani profesi art director, aktor, pengacara, menjadi pimpinan sebuah perusahaan atau sebuah lembaga penanggulangan bencana, hingga menjadi bagian dari manajemen pemasaran.

Penyakit

Kenapa Gusi Sering Berdarah? Ini Penyebabnya!

Gusi berdarah mungkin sudah sering Anda alami. Terkadang memang kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba bahkan saat tidak masalah pada gusi. Jika Anda termasuk sering mengalami gusi berdarah secara tiba-tiba, Anda patut waspada. Seringkali kejadian gusi berdarah disebabkan oleh trauma pada gusi.

Misalnya, aktivitas sikat gigi yang terlalu kuat dan penggunaan benang gigi yang baru. Jika gusi berdarah disebabkan oleh dua hal tersebut, maka kejadian ini bisa dicegah. Namun, jika Anda tidak sedang sikat gigi atau menggunakan bedang gigi tetapi tiba-tiba Anda mengalami gusi berdarah, maka Anda perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Apalagi, jika kondisi ini terjadi berulang-ulang kali.

Simak beberapa penyebab gusi berdarah yang terjadi tiba-tiba tanpa adanya trauma atau penyakit pada gusi Anda:

  1. Kekurangan vitamin K

Kurangnya asupan vitamin K dalam tubuh, bisa membuat darah lebih sulit untuk menggumpal atau dengan kata lain, jika terjadi pendarahan, maka dara akan lebih sulit untuk berhenti.

  • Leukemia

Leukemia merupakan salah satu jenis kanker darah. Kondisi ini biasanya akan membuat penderita memiliki kandar trombosit yang rendah. Hal ini menyebabkan terjadinya penderahan secarah mudah bahkan teradi secara tiba-tiba. Ketika terjadi, biasanya juga akan lebih sulit berhenti.

  • Trombositopenia

Trombositopenia merupakan kondisi dimana trombosit dalam darah kurang dari jumlah normalnya. Kondisi ini bisa terjadi pada penderita leukimia ataupun pada mereka yang tidak memilki leukemia. Kondisi ini bisa membuat pendarahan mudah terjadi. Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit dengan salah satu tanda trombositopenia.

  • Hemofilia atau penyakit Von Willebrand

Gangguan darah hemofilia atau penyakit Von Willebrand juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah berulang pada Anda. Jika Anda ingin memastikan benar atau tidaknya, Anda perlu melakukan pemeriksaan darah lebih lanjut.

  • Diabetes

Gusi berdarah adalah salaha satu ciri diabetes 1 dan 2 yang juga perlu Anda sadari. Penderita diabetes tidak bisa melawan kuman atau bakteri, yang bisa menyebabkan berbagai gangguan di tubuh, termasuk radang gusi, yang bisa membuat gusi menjadi lebih mudah berdarah.

Jika Anda sering mengalami gusi berdarah yang terus-menerus, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat. Lebih cepat diketahui penyebabnya, maka lebih cepat juga Anda ditangani dan mencegah gusi berdarah terulang kembali.

Penyakit

Waspada, Ini yang Menjadi Penyebab Kelainan Tulang Belakang!

Sering melihat orang yang tubuhnya cenderung membungkuk? Kemungkinan mereka menderita kelainan tulang belakang atau kifosis. Punggung yang sedikit melengkung ini adalah hal yang wajar, tetapi jika kifosis terjadi biasanya penderita akan merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Rasa tidak nyaman ini dikarenakan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan dan parahnya lagi, ketidaknyamanan ini akan terjadi terus menerus serta berpengaruh terhadap bentuk tubuh.

Ini penyebab kelainan tulang belakang kifosis

Struktur tulang punggung adalah tulang yang menanjang ke atas seperti balok Uno Stacko. Walaupun, memangjang seperti balok, ternyata tulang punggung memiliki keunikan dengan sifatnya yang fleksibel. Oleh karena itu fleksibilitas ini, tubuh kita bisa bergerak dengan leluasa dan seluwes mungkin.

Namun, siapa sangka keunikan itu juga membuat tulang punggung rentan mengalami gangguan, salah satunya adalah kifosis. Kifosis disebabkan ketika tulang-tulang yang menyusun tulang punggug di bagian atas tidak berbentuk sebagaimana mestinya. Bentuk tulang punggung yang harusnya lurus pada kifosis menjadi melengkung yang membuat tubuh penderita cenderung membungkuk ke arah depan.

Penyebab dari kifosis sangat beragam, seperti:

  1. Postur tubuh yang kurang baik
  2. Gangguan pada pertumbuhan
  3. Usia lanjut
  4. Bentuk tulang vertebra yang tidak normal
  5. Cara duduk yang salah dalam jangka panjang

Cara mengatasi ketidaknyamanan akibat kifosis

Pada penderita kifosis gejala yang paling terlihat adalah tulang punggung yang melengkung ke depan. Selain itu, bahu penderita kifosis juga cenderung maju ke depan. Kelainan yang terlihat ini biasanya terjadi pada penderita kifosis parah dan tidak nampak pada kifosis yang ringan.

Selain dari gejala tersebut, biasanya penderita kifosis juga bisa merasakan keluhan lain seperti nyeri punggung, punggung terasa kaku, dan otot hamstring yang terasa tegang. Tentunya hal tersebut bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, terdapat beberapa Gerakan yang bisa dilakukan untuk melatih otot punggung agar mengurangi rasa tidak nyaman tersebut seperti:

  • Menarik lutut ke dada
  • Mengangkat panggul sembari berbaring (pelvic tilting)
  • Menggerakkan lutut ke samping sambal berbaring (knee rolls)
  • Pastikan kursi dan meja kerja pasa posisi yang nyaman sehingga badan tetap tegak saat kerja
  • Perhatikan tas atau beban di punggung, gunakan ransel yang bisa mendistribusikan beban secara merata di punggung.
Kesehatan Mental

Beragam Manfaat Matahari untuk Mengatasi Stress

Sinar matahari sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Dalam skala lebih luas, tenaga surya berperan dalan penyedian tenaga listrik. Bagi kesehatan manusia sendiri, manfaat matahari sangat besar dalam pencegahan berbagai penyakit. Salah satunya adalah membuat manusia merasa gembira.

Manfaat matahari bagi kesehatan mental berhubungan dengan perannya dalam produksi hormone. Ada tidaknya sinar matahari sangat mempengaruhi produksi hormon yang berperan dalam keseimbangan hidup manusia, yaitu hormone serotonin dan melatonin.

Sinar matahari bisa memicu otak untuk memproduksi hormon serotonin, yaitu hormon yang dapat memperbaiki mood, konsentrasi dan mencegah stress. Sedangkan saat sinar matahari terbenam, gelapnya malam memicu otak untuk memproduksi hormon melantonin, yaitu hormon yang membuat kita terlelap.

Selain itu, manfaat matahari dalam memicu produksi hormon serotonin tidak hanya terbatas memperbaiki suasana hati saja. Hormon serotonin yang rendah berkaitan dengan depresi. Jadi, dengan kita mendapatkan sinar matahari yang cukup, depresi bisa dicegah. Begitu juga dengan gangguan mental yang lain, seperti serangan rasa panik dan gangguan cemas.

Manfaat sinar matahari secara khusus juga bisa dirasakan bagi perempuan. Sinar matahari bisa membantu mereka yang mengalami kelainan disforik premenstruasi, yaitu perempuan yang mengalami gangguan mood berat menjelang periode menstruasi. Selain itu, juga dapat bermanfaat untuk perempuan hamil yang mengalami depresi.

Manfaat dari sinar matahari juga berdampak untuk membentuk pola tidur. Sinar matahari pagi bisa membantu Anda tidur lebih baik di malam hari, karena sinar matahari bisa membantu pengaturan jam tidur biologis Anda.

Tanpa kita sadari, ternyata manfaatn matahari untuk kesehatan mental sangat banyak ya. Anda membutuhkan paparan sinar matahari dalam jumlah yang cukup, tidak lebih dan kurang. Pastikan Andan terkena sinar matahari langsung pada area wajah, lengan, dan tangan setidaknya 5 hingga 15 menit dalam setiap harinya. Jika terkena sinar matahari lebih dari 15 menit, sebaiknya menggunakan tabir surya di area yang dibutuhkan.

Meskipun manfaat matahari bagi manusia sangat beragam, Anda juga perlu berhati-hati agar tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Selain penyakit berbahan seperti kanker kulit, paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa berpengaruh untuk penampilang kulit dalam jangka panjang.