8 Manfaat Sayur Rutabaga Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Sayur Rutabaga Bagi Kesehatan Tubuh

Pernahkah Anda mendengar sayuran bernama rutabaga? Sayur ini populer dan sering ditemukan di Eropa Utara. Rutabaga merupakan hasil persilangan dari kubis dan lobak. Sayuran ini juga dikenal dengan nama lobak lilin, lobak Swedia, dan swede. Masa tanam rutabaga cukup lama dan panen baru dapat dilakukan setiap dua tahun. Bentuk sayur rutabaga adalah bula dengan warna putih kecoklatan. Dari segi rasa, rutabaga menawarkan rasa manis sedikit pahit. Sayur rutabaga sendiri ternyata sangat baik bagi kesehatan. Inilah 8 manfaat sayuran rutabaga bagi kesehatan tubuh.

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat sayur rutabaga yang pertama yaitu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurut penelitian jenis kanker yang dapat dicegah perkembangan selnya dengan konsumsi rutabaga yaitu kanker usus kecil, kanker hati, kanker pankreas, kanker kelenjar susu, kanker paru-paru, dan kanker usus besar. Menurut penelitian, kecambah rutabaga menunjukkan akitivitas yang dapat merusak sel kanker bahkan kematian sel. Dengan begitu pertumbuhan sel kanker dapat dicegah.

  • Baik bagi kesehatan pencernaan

Rutabaga juga baik bagi kesehatan pencernaan sebab mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut dapat meningkatkan kelembutan tinja dan merespon glukosa darah yang merata serta penurunan kadar lemak darah.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat sayur rutabaga lainnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut mungkin terjadi karena adanya kandungan vitamin C yang melindungi sel-sel tubuh. Selain itu, melatonin dalam rutabaga juga bermanfaat pada sistem kekebalan tubuh sehingga membantu meningkatkan produksi protein penghantar sinyal peradangan atau infeksi (sitokin).

  • Menjaga kesehatan tulang

Berbagai kandungan dalam rutabaga memang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh. Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda dapat mengonsumsi rutabaga secara teratur. Adanya kandungan magnesium dan kalium pada sayur rutabaga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Bermanfaat bagi jantung

Risiko penyakit kardiovaskuler dapat diturunkan dengan rutin mengonsumsi sayur rutabaga. Imbangi dengan olahraga kardio agar jantung tetap sehat. Kandungan glukosinolat dalam rutabaga juga dapat digunakan untuk mengobati peradangan.

  • Mencegah penuaan dini

Kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet dapat dicegah dengan nutrisi yang terkandunga dalam rutabaga. Selain itu, kandungan antioksidan dalam rutabaga juga dapat menangkal radikal bebas serta melindungi sel-sel tubuh. Sedangkan glukosinolat dan vitamin C pada rutabaga akan membantu sintesis kolagen yang membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

  • Mengontrol tekanan darah

Manfaat sayur rutabaga lainnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Adanya kandungan kalium dalam rutabaga dapat bermanfaat bagi penderita hipertensi. Konsumsi secara teratur sayur rutabaga untuk memenuhi asupan kalium tubuh.

  • Menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi rutabaga juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Adanya kandungan berupa fitonutrien mencakup zeaxanthin dan lutenin dapat mencegah mata terkena penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

Bagi Anda yang belum pernah mengolah rutabaga, tentu akan merasa bingung. Hindari mengonsumsi rutabaga secara mentah sebab dapat memberikan efek samping berupa perut kembung berisi gas. Anda dapat mengolah rutabaga dengan memasaknya ke dalam air mendidih yang telah diberi sedikit garam. Tambahkan wortel ketika merebus rutabaga dan tunggu hingga empuk. Setelahnya angkat dan tiriskan kemudian tumis pada panci dengan mentega. Tambahkan jus lemon, madu, garam, merica, serta masak selama 6 menit. Anda bisa memberi pelengkap berupa daun bawang saat sudah matang jika suka. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *