7 Tips Mudah Perawatan Rambut Rusak, Langsung Berkilau Lagi

Beberapa masalah rambut yang sering dialami oleh wanita di antaranya, rambut kering, rontok, mudah lepek, kusam, dan sulit diatur. Untuk mengatasinya, tak cukup hanya sampo saja, diperlukan beberapa perawatan rambut rusak yang tepat, seperti hair serum, hair mask, hingga vitamin rambut. 

Rambut rusak biasanya juga disebabkan karena beberapa kebiasaan, seperti penggunaan catokan atau hair dryer yang terlalu sering, pewarnaan rambut, hingga paparan sinar matahari. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar rambut kembali berkilau, sehat, bercahaya, dan tidak mudah patah. 

Jangan terlalu sering keramas

Seringkali wanita menganggap apabila semakin sering keramas maka akan memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Padahal, kenyataannya sering keramas bisa menyebabkan rambut jadi kering dan rusak. Kita bisa keramas sebanyak 2-3 kali seminggu.

Gunakan sampo dengan kandungan alami yang bisa memperbaiki rambut. Agar hasil maksimal, kamu bisa menggunakan air dingin yang bisa menutup kutikula rambut, sehingga rambut terlihat sehat berkilau. 

Turunkan temperatur alat rambut

Saat menggunakan alat rambut seperti hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut, sebaiknya gunakan temperatur yang paling rendah. Apabila terlalu panas bisa membuat rambut jadi rusak, kering, dan mudah patah. 

Sebelum menggunakan alat-alat rambut ini, sebaiknya aplikasikan serum rambut khusus yang bisa melindungi rambut dari panas catokan atau hair dryer, ya. 

Rawat rambut basah dengan benar

Saat rambut sedang basah, sebaiknya jangan mengeringkan rambut dengan menggosoknya menggunakan handuk, hal ini bisa membuat rambut rusak dan mudah patah. 

Sebaiknya keringkan dengan handuk microfiber yang lembut dan tidak perlu digosok-gosokkan. Untuk menghindari rambut kusut dan rusak, sebaiknya pilih sisir dengan gerigi yang jarang. 

Sebelum mengikat rambut, sebaiknya pastikan rambut sudah kering, ya. Mengikat rambut yang basah juga bisa menyebabkan rambut mudah patah. 

Gunakan masker rambut

Bukan hanya wajah yang membutuhkan masker, rambut pun membutuhkan masker agar tetap sehat dan kuat.

Masker rambut memiliki kandungan vitamin dan minyak yang bagus untuk menutrisi rambut dan juga melembapkan rambut. Selain itu, rutin menggunakan masker rambut juga bisa membuat rambut jadi lebih tebal.

Lindungi rambut dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut jadi kusam, kering dan rusak. Untuk itu kamu perlu mengaplikasikan produk khusus untuk melindungi rambut dari sinar matahari. 

Selain itu, saat kamu berenang, rambut juga harus dilindungi dari air garam, klorin, atau bahan kimia yang ada di kolam renang dengan menggunakan produk khusus. 

Rajin memotong rambut

Rajin memotong rambut juga bisa merangsang pertumbuhan rambut baru, sehingga rambut jadi semakin berkilau dan sehat. 

Dengan memotong rambut, kita bisa membuang rambut-rambut yang bercabang atau ujung rambut yang rusak. Rambut pun akan tumbuh lebih sehat dan kuat.

Tak perlu memotong semua rambut, cukup memotong sedikit bagian ujung rambut yang terlihat kering atau bercabang. 

Pilih produk perawatan yang tepat

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, menggunakan sampo saja tidak cukup. Kita bisa memilih rangkaian hair care mulai dari sampo, conditioner, hair serum, hair spa, hair mask, hingga hair tonic, yang membuat rambut jadi semakin lembut dan sehat. 

Pastikan kamu memilih produk dengan bahan-bahan yang aman. Bila perlu pilih bahan dengan kandungan alami, ya. 

Itu dia beberapa tips perawatan rambut rusak yang bisa kamu lakukan. Lakukan tips ini agar rambut semakin kuat dan sehat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *