7 Tips Menyeimbangkan Rumah dan Karir Bagi Ibu Bekerja

Tantangan sebagai seorang ibu yang bekerja

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier dalam waktu bersamaan memang tidak mudah. Anda harus bisa menyeimbangkan antara waktu untuk keluarga dan bekerja. Hal ini tidak jarang membuat ibu bekerja menjadi merasa terbebani karena tidak bisa menjalankan kewajibannya dengan maksimal.

Di jaman yang semakin modern ini, ibu rumah tangga namun tetap bekerja bukan lagi hal asing untuk ditemukan. Banyak ibu yang sudah berumah tangga dan memiliki anak akan tetapi tetap menjalani rutinitasnya sebagai pekerja. Hal ini sah-sah saja dilakukan asalkan bisa membagi waktu dengan baik antara keluarga dan pekerjaan.

Lalu bagaimana caranya agar ibu rumah tangga yang bekerja tetap bisa menjalankan kedua aktivitas tersebut dengan seimbang tanpa ada yang dikorbankan? Untuk tahu bagaimana caranya, pastikan simak ulasan di bawah ini.

Tips Menyeimbangkan Waktu untuk Karier dan Keluarga

Agar tidak mengurangi kewajibannya sebagai istri dan orang tua, ibu yang bekerja harus bisa menyeimbangkan waktu untuk karier dan keluarga dengan baik. Berikut ini tips bagi ibu bekerja agar karier dan keluarga bisa berjalan beriringan.

  1. Buang Jauh-jauh Rasa Bersalah

Tips pertama bagi ibu rumah tangga yang harus tetap bekerja adalah buang jauh-jauh rasa bersalah karena tidak bisa selalu menghabiskan waktu di rumah bersama anak-anak. Sebagai gantinya, pikirkan peran anda di kantor yang memiliki pengaruh dan manfaat untuk keluarga. Dalam hal ini sangat penting adanya komunikasi dengan pasangan.

  1. Pilih Tempat Penitipan Anak yang Terbaik

Sebagai ganti karena anda tidak bisa menjaga dan mengawasi anak selama ibu bekerja, cari pengasuh atau tempat anak yang terbaik untuk memastikan anak mendapatkan lingkungan dan pendidikan yang terbaik selama anda tidak bersamanya. Jika menggunakan pengasuh, pastikan pilih pengasuh yang sudah berpengalaman dan profesional serta dari lembaga yang terpercaya. Hal ini untuk memastikan bahwa anak anda tetap bisa mendapatkan pengasuhan yang terbaik selama anda tidak bersamanya.

  1. Buat Suasana Pagi yang Mudah dan Menyenangkan

Pagi merupakan waktu yang merepotkan khususnya bagi ibu yang bekerja. Untuk itulah, salah satu kunci sukses ibu yang bekerja adalah dengan menyiapkan semua keperluan anak dan suami pada malam hari sebelumnya. Selain itu, anda juga harus memikirkan menu sarapan dan bekal pada malam sebelumnya agar pada pagi hari semua bisa lebih mudah untuk dilakukan. Dengan begitu, anda tetap bisa menjalankan tugas sebagai istri dan ibu serta tetap dapat berangkat bekerja tepat waktu.

  1. Komunikasikan dengan Atasan

Tips menyeimbangkan karir dan keluarga bagi ibu bekerja yang selanjutnya adalah dengan mengkomunikasikan kondisinya dengan atasan di kantor. Meskipun tidak ada pengecualian atau keistimewaan untuk pekerja yang merupakan ibu rumah tangga, akan tetapi setidaknya atasan tahu tentang status anda sebagai ibu rumah tangga. Anda juga bisa membicarakan mengenai tidak bisa bekerja hingga larut malam akan tetapi akan tetap menjalankan pekerjaan dengan baik. Dengan cara ini pihak perusahaan biasanya akan lebih bisa memaklumi.

  1. Jaga Komunikasi dengan Anak

Meskipun anda sibuk seharian di kantor, akan tetapi pastikan sempatkan waktu untuk menghubungi anak yang ada di rumah atau tempat penitipan. Selain untuk menjaga komunikasi, cara ini juga untuk memastikan bahwa anak dalam kondisi baik-baik saja. Anda bisa melakukan video call dengan anak saat jam istirahat kantor.

  1. Buat Rutinitas Bersama Keluarga

Bagi ibu bekerja, sangat penting untuk tetap menyediakan waktu luang bersama keluarga terutama anak-anak sebagai cara untuk memelihara hubungan yang harmonis. Anda bisa membuat rutinitas sederhana bersama keluarga seperti makan bersama setiap pagi dan malam hari serta pergi berlibur ketika akhir pekan. Dengan cara seperti ini, anak-anak tetap akan merasakan kehangatan keluarga meskipun orang tuanya harus sibuk bekerja.

  1. Luangkan Waktu Bersama Pasangan

Kesibukan di tempat kerja dan mengurus keperluan rumah, tidak jarang membuat ibu yang bekerja sedikit mengabaikan pasangannya. Padahal menjaga keharmonisan dan komunikasi dengan pasangan merupakan salah satu kunci sukses ibu yang bekerja. Maka dari itu, usahakan untuk meluangkan waktu bersama pasangan baik dengan makan di luar atau sekedar minum teh bersama di rumah sambil bercerita tentang pekerjaan dan perkembangan anak.

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier memang tidak mudah. Akan tetapi bukan tidak mungkin Anda bisa menjalani keduanya dengan baik jika bisa menyeimbangkan antara karir dan keluarga. Yang terpenting dari ibu bekerja adalah selalu komunikasikan setiap keputusan dengan pasangan dan letakkan kebutuhan keluarga di atas segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *