7 Manfaat Vitamin D yang Luar Biasa

Apa yang ada di benak Anda mengenai manfaat vitamin D? Kebanyakan orang mengira vitamin D hanya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi vitamin D yang cukup dengan angka kecukupan gizi harian, risiko osteroporosis bisa dikurangi. 

Tentu saja hal tersebut tidak salah. Vitamin D bersama kalsium memang sangat efektif membuat tulang lebih kuat dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang. Namun, vitamin D juga punya manfaat sekunder yang lain, yang tentunya tidak bisa dipandang remeh. 

Berikut ini adalah beragam manfaat vitamin D yang luar. Anda bakal menyesal seumur hidup kalau sampai mengabaikan asupan vitamin D harian karena itu artinya, aneka manfaat vitamin D di bawah ini akan sulit didapatkan. 

Vitamin D Melawan Peradangan 

Sejatinya vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan begitu, peradangan yang terjadi akibat infeksi virus, bakteri, maupun jamur dapat diminimalkan. Bahkan dalam beberapa penelitian ditemukan fakta menarik, kemampuan vitamin D melawan peradangan dapat mencegah gejala sekunder dari infeksi Covid-19, seperti infeksi saluran pernapasan akut ataupun peradangan di bagian tubuh lainnya. 

Vitamin D Memperkuat Otot 

Tulang selalu berhubungan dengan otot. Mendapatkan vitamin D yang cukup bukan hanya baik untuk menjaa kesehatan tulang, lebih daripada itu, vitamin D bisa membantu Anda memperkuat otot. Risiko mengalami nyeri pun bisa dikurangi seminimal mungkin jika tiap harinya Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D yang dianjurkan. 

Vitamin D Mencegah Diabetes 

Jika digabung dengan kalsium, manfaat vitamin D ternyata sangat berpengaruh pada kadar gula darah Anda. Dengan mengonsumsian 800 IU vitamin D dan minimal 1.200 kalsium, risiko mengalami diabetes tipe1 maupun tipe 2 dapat ditangkis. Luar biasa, bukan? 

Vitamin D Mengobati Hipertensi 

Anda yang memiliki riwayat hipertensi wajib memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh setiap harinya. Soalnya menurut ulasan yang ada dalam jurnal Current Protein and Peptide Science, salah satu manfat vitamin D adalah mengobati hipertensi. Bahkan jangan main-main kalau Anda kurang asupan vitamin D, ini artinya risiko Anda mengalami peningkatan tekanan darah yang cukup ekstrem dapat terjadi. 

Vitamin D Mengatasi Depresi 

Manfaat vitamin D juga sangat berpengaruh pada keseatan mental Anda. Pasalnya, dengan kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh, kemungkinan seseorang mengalami depresi akan lebih besar. Sebaliknya, ketika kebutuhan harian vitamin D Anda senantiasa terpenuhi, masalah depresi yang Anda gumulkan selama ini dapat teratasi

Vitamin D Memerangi Kanker 

Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang dapat membantu Anda memerangi kanker. Namun, kemampuan vitamin D untuk melawan kanker tidak untuk semua jenis kanker. Hanya jenis-jenis kanker tertentu saja yang dapat diperangi oleh vitamin D, seperti kanker kolorektal, kanker prostat, kanker pankreas, juga kanker payudara. Manfaat ini bahkan sudah diakui secara ilmiah olrh National Cancer Institute. 

Vitamin D Menurunkan Berat Badan 

Jika Anda sedang berjuang berdiet untuk mengurangi berat badan yang berlebih, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan kaya vitamin D. Ini karena kadar vitamin D yang tinggi dalam tubuh dapat memberi efek menekan nafsu makan. Jadi, Anda akan makan lebih sedikit dan berat badan pun bisa lebih cepat turun menuju angka ideal. Diet Anda pun akan terbilang sukses besar! 

*** 

Untuk mendapatkan manfaat vitamin D, Anda bisa lebih sering berjemur untuk memperoleh kadar vitamin ini dari paparan sinar matahari. Selain itu, jangan lupa menunjang asupan vitamin D lewat makanan, ya! Suplemen pun bisa Anda pertimbangkan jika terbukti kadar vitamin D dalam tubuh Anda minim. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *