7 Makanan Penambah Energi Penghilang Lesu

Aktivitas sepanjang hari pasti akan menguras energi Anda. Jika tidak ditopang makanan penambah energi, bisa-bisa Anda merasakan letih dan lesu selama menjalani hari. Tanda-tanda tersebut sebenarnya menunjukkan tubuh Anda sedang kekurangan energi. 

Agar kondisi ini tidak terjadi dan mengganggu aktivitas harian, sebaiknya Anda memilih jenis makanan penambah energi yang tepat. Makanan-makanan kaya karbohidrat yang juga memiliki kandungan serat dan protein umumnya dapat menjadi makanan penambah energi yang mujarab. 

Semua kebutuhan akan makanan yang bisa menopang energi Anda pun bisa ditemukan dalam beragam menu Anda sehari-hari yang alami. Berikut ini adalah beberapa contohnya yang layak Anda coba. 

  1. Oatmeal 

Gantilah nasi atau bubur pada menu sarapan Anda menjadi racikan oatmeal. Produk turunan dari gandum ini ampuh menjadi makanan penambah energi yang menjaga stamina Anda sepanjang hari. Kemampuan oatmeal sebagai penambah energi karena jenis makanan ini melepaskan karbohidrat secara perlahan sehingga menjaga tenaga Anda. Tidak hanya itu, oatmeal juga memiliki kandungan vitamin B yang membantu penyerapan makanan menjadi energi. 

  1. Pisang 

Anda bisa menambahkan tenaga tambahan dari buah! Ketika energi Anda terasa surut, pisang layak dicoba untuk menjadi makanan penambah energi. Pasalnya, pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang menyediakan pasokan energi bagi tubuh. Pisang juga kaya serat dan kalium yang bisa membuat Anda merasa kenyang dan berenergi lebih lama. 

  1. Cokelat Hitam 

Cokelat hitam merupakan produk cokelat yang memiliki kandungan kakao di atas 75 persen. Kandungan kakao yang besar tersebut memberikan asupan flavanol besar bagi tubuh sehingga dapat menjadi sumber dorongan energi untuk menjalankan hari. Mengonsumsi sepotong kecil cokelat hitam ketika Anda merasa lelah saja bisa langsung meningkatkan tenaga dan semangat Anda. Tidak percaya? Coba saja sendiri. 

  1. Telur 

Telur merupakan salah satu makanan penambah energi yang sangat direkomendasikan. Protein hewani yang satu ini mengandung semua asam amino esensial, lemak, daj vitamin B yang menjadi sumber pembentuk energi bagi tubuh. Telur juga memiliki kandungan vitamin D, kholik, juga prekursor neurotransmitter asetilkolin yang mengaktifkan otot rangka. Anda akan merasa memiliki energi berlipat ganda tiap kali habis mengonsumsi telur!

  1. Tiram 

Tiram memang jarang dilirik sebagai pilihan makanan penambah energi. Padahal, makanan laut yang satu ini memiliki kandungan zinc yang memiliki fungsi melawan kuman penyebab rasa lelah pada tubuh Anda. Jadi ketika Anda mengonsumsinya, tubuh akan terasa lebih segar dan bertenaga. Selain manfaatnya yang paten untuk tubuh, tiram juga memiliki rasa yang lezat ketika Anda mengolahnya dengan cara dipanggang atau dikonsumsi mentah menggunakan perasan air lemon. 

  1. Hati Sapi 

Layaknya protein hewani lain, hati sapi juga memiliki kandungan protein tinggi yang membuat tubuh terasa penuh energi. Tidak hanya itu, hati sapi juga memiliki kandungan B12 yang membantu menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Vitamin ini memang dimiliki oleh hampir tiap protein hewani lain. Cuma vitamin B12 yang ada pada hati sapi jauh lebih besar sehingga membuat efeknya agi bagi tubuh terasa lebih signifikan.

  1. Alpukat 

Alpukat bisa dibilang sebagai buah terbaik untuk menjadi makanan penambah energi. Bagaimana tidak, kandungan lemak dan serat yang tinggi pada alpukat akan memasok energi yang terus berkelanjutan bagi tubuh Anda. Menjadikan alpukat sebagai bagian sarapan di pagi hari bisa lebih memastikan Anda tidak akan kekurangan energi selama menjalani aktivitas sepanjang hari. 

*** 

Tidak sulit bukan menemukan makanan-makanan penambah energi di atas pada dapur? Dari beragam pilihan di atas, jenis makanan apa yang menjadi favorit Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *