5 Cara Sederhana Meredakan Insomnia, Salah Satunya Meditasi

5 Cara Sederhana Meredakan Insomnia, Salah Satunya Meditasi

Susah tidur memang sangatlah tidak enak untuk dialami. Selain kurang energi karena tubuh tak juga beristirahat, insomnia juga membuat penderitanya jadi jadi pusing dan susah konsentrasi di pagi hari. Gangguan kecemasan juga sering timbul pada penderita insomnia

Sayangnya, banyak dari masyarakat kita yang masih menganggap remeh masalah Insomnia. Padahal kalau dibiarkan, kurang tidur bisa mengakibatkan serangan jantung. Bahkan, tingkat kemungkinan pada penderita insomnia untuk mengalami serangan jantung meningkat 34% lebih tinggi. 

Pastikan untuk meredakan gejala Insomnia sebelum merembet menjadi penyakit yang lebih serius. Begini tips sederhana yang bisa Anda lakukan guna meredakannya. 

1. Meditasi

Meditasi secara teratur memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, terutama pada perbaikan kualitas tidur. Berbagai macam manfaat meditasi sendiri adalah mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi serta memperkuat imunitas. 

Dalam suatu penelitian yang dilakukan di tahun 2011 di New York, diperoleh hasil bahwa ada manfaat yang besar dari meditasi untuk mengatasi insomnia. Penelitian ini dilakukan dengan mengharuskan partisipan melakukan meditasi setiap hari selama berulang-ulang di dalam rumah. 

Anda bisa melakukan meditasi sekitar 15 menit setiap hari di dalam rumah. Bisa juga mengikuti kelas meditasi bila Anda tidak memiliki ilmu yang cukup seputar praktik meditasi yang benar. 

2. Yoga

Yoga punya efek yang sangat baik untuk meredakan insomnia. Ini karena gerakan Yoga seringkali dilakukan di dalam ruangan yang tenang. Selain itu, beberapa postur gerakan Yoga mengharuskan Anda untuk menunduk, membuat aliran darah jadi lebih lancar ke kepala. Setidaknya lakukan Yoga selama 20 menit setiap harinya agar kualitas tidur semakin membaik. 

Bila ada salah satu gerakan yoga yang dinilai tidak nyaman Anda lakukan, jangan dipaksa. Selain menimbulkan kecelakaan kecil, gerakan yoga yang terpaksa bisa membuat Anda alami stress. 

3. Olahraga

Tak hanya bagus untuk meningkatkan kualitas tidur, Olahraga juga memberi perbaikan yang sangat baik untuk seluruh bagian tubuh. Lakukan olahraga di pagi hari untuk memperbaiki mood sehingga kualitas tidur pun lebih baik. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2015 menunjukkan peningkatan kualitas tidur terhadap orang-orang yang berolahraga sekitar 150 menit setiap hari selama 6 bulan. Partisipan adalah orang-orang yang mengalami gangguan insomnia. 

Nah, dengan olahraga, ditunjukkan hasil yang baik terhadap peningkatan kualitas tidur. Ini artinya, guna mendapatkan kualitas tidur terbaik, dianjurkan untuk melakukan olahraga sekitar 20-30 menit setiap harinya. 

4. Pijat

Penelitian yang sama pada tahun 2015 juga menunjukkan peningkatan kualitas tidur pada mereka yang rutin melakukan pijat. Bonusnya lagi, pijat juga memberikan peningkatan yang luar biasa pada berkurangnya rasa depresi seseorang. Efek baiknya, tidur pun jadi lebih nyenyak. 

Tidak semua tukang pijat paham benar mana titik saraf terbaik yang harus dipijat guna meredakan depresi. Oleh karena itu, perlu kunjungi tukang pijat yang benar-benar paham ilmu dan tidak sekedar asal pijat. 

5. Menghirup Aromaterapi

Jenis-jenis aromaterapi tertentu juga membantu penderita gangguan insomnia untuk bisa tidur. Salah satu jenis aromaterapi adalah bunga lavender. Anda bisa menggunakannya dengan cara meneteskannya pada diffuser, kemudian menaruhnya di meja samping tempat tidur agar baunya terhirup.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 sendiri membuktikan bahwa Lavender punya manfaat yang luar biasa untuk meningkatkan kualitas tidur. Minyak lavender ini bekerja untuk membuat pikiran orang depresi lebih ringan. Selain itu, menggunakan diffuser beserta aromaterapi juga mampu memberikan percepatan kesembuhan pada orang-orang yang mengalami sakit kepala. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *