3 Gerakan Mudah untuk Penderita Cedera Hamstring

3 Gerakan Mudah untuk Penderita Cedera Hamstring

Jika Anda penggemar olahraga, tentunya tidak asing lagi dengan kondisi cedera yang sering menyerang para atlit atau biasa disebut sebagai cedera hamstring. Hamstring merupakan tiga otot besar yang terletak di area paha belakang yang berkerja pada saat Anda menekuk lutut dan berfungsi ketika pinggul bergerak. Oleh karena itu, hamstring seringkali membuat penderita kesulitan bergerak karena otot-otot menjadi kaku dan kencang.

Latihan otot pada yang bisa dilakukan saat cedera hamstring

Apakah Anda tahu bahwa untuk mengatasi cedera hamstring bisa dilakukan dengan latihan otot paha? Dengan gerakan latihan yang tepat dan telah direkomendasikan rasa kaku dan kencang akibat cedera hamstring bisa membaik secara perlahan dan bisa membuat gerakan tubuh menjadi normal seperti semula.

Pada otot hamstring yang mengalami cedera atau sobek, beberapa benjolan akan terbentuk di daerah yang mengalami cedera. Namun, jangan khawatir terlebih dahulu, karena benjolang tersebut merupakan proses dari penyembuhan cedera hamstring. Benjolan tersebut terdiri dari jaringan kolagen yang pada akhirnya dinamakan jaringan jaringan parut.

Kondisi tersebut merupakan kondisi yang normal setelah timbulnya cedera. Oleh karena itu, untuk mengatasi benjolan tersebut dan membuat jaringan otot hamstring kembali seperti sedia kala bisa dilakukan latihan perlahan dan bertahap yang dimulai dari pemanasan.

Berikut tiga gerakan mudah yang dapat dilakukan sebagai terapi cedera hamstring

  1. Peregangan otot paha sambil telentang yang bisa dimulai dari intesitas ringan dan bisa ditingkatkan secara perlahan dalam waktu 4-6 minggu. Peregangan ini dapat dilakukan dengan posisi tidur terlentang, kemudian angkat kaki yang cedera secara perlahan ke arah dada, dan tekuk kaki tersebut. Letakkan kedua tangan di belakang lutut yang cedera, secara perlahan luruskan kaku yang ditekuk ke atas, dan tahan selama 2 detik.
  2. Peregangan otot paha sambil duduk dengan bantuan kursi. Duduk di kursi dengan posisi kaki yang cedera di depan kaki lain, secara perlahan tegakkan punggung, dan gerakan badan ke depan. Pada saat Anda melakukan gerakan ini akan terasa bahwa otot hamstring tertarik dan tahan selama 2 detik.
  3. Lakukan peregangan oto pada sambil berdiri. Berdiri dengan tegap di belakang kursi, berpegangan pada belakang sandaran kursi, gerakkan kaki yang cedera ke arah belakang, sedikit menekuk hingga terasa sedikit tekanan pada otot paha belakang. Kemudian, tahan posisi tersebut selama 2 detik.

Anda perlu ingat bahwa, meskipun tiga gerakan sederhana tersebut bisa Anda lakukan sendiri di rumah, alangkah baiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk menilai kesiapan saat Anda melakukan latihan otot paha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *